Profil Singkat Inovator 2022 Andi Ahmad Dahlan: Network Enginer dan Software Engineer asal Pare-pare

Profil Singkat Inovator 2022 Andi Ahmad Dahlan: Network Enginer dan Software Engineer asal Pare-pare

 

Andi Ahmad Dahlan, S.T., M.Eng. dilahirkan di Pare-pare, 11 September 1972. Pria keturunan bangsawan Bugis ini adalah perakit sistem informasi untuk dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Padang. Namun tak banyak dari mereka yang tahu akan hal itu, hingga ia dinobatkan sebagai penerima anugerah inovator dalam “Digital and Computing Innovation Awards 2022, PNP”, di Pangeran Beach Hotel, 1 Desember 2022.

 

 

Sebagian sistem yang dirakitnya adalah Sistem Informasi Kepegawaian (Sipeg) yang mampu memberikan informasi data-data pegawai PNP yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Sipeg menangani pengelolaan data kepegawaian khususnya meliputi pendataan pegawai, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), proses perencanaan dan formasi kepegawaian, penggajian, penilaian angka kredit, mutasi pegawai, dan sistem pelaporan.

Alumnus Ritsumeikan University, Japan (2008) ini juga menghasilkan Sipeg, aplikasi kepegawaian berbasis web yang ditujukan untuk pegawai agar dapat mengakses dan mengelola data-data dan proses kepegawaian dan Sistem Rekayasa Energi (Sireg) yang menawarkan beberapa macam produk pada pasar, yaitu produk solusi sistem proteksi dan treatment kelistrikan.

 

 

Berkat pria yang cool ini, Politeknik Negeri Padang memiliki sistem informasi yang dikenal dengan nama Siak PNP yang dapat di akses di http://siak.polinpdg.ac.id (sekarang https://siak.pnp.ac.id/) Siak merupakan singkatan dari Sistem Informasi Akademik. Pada Sistem informasi akademik Politeknik Negeri Padang ini terdapat beberapa menu yang dapat diakses oleh mahasiswa seperti mahasiswa, prakuliah, perkulihan, pascakuliah, beasiswa, alumni, user, dan data master.

Selain itu, pakar teknik telekomunukasi ini juga merakit Sihereg yang merupakan sistem informasi registrasi mahasiswa Politeknik Negeri Padang. Sistem ini digunakan untuk melihat apakah mahasiswa sudah terdaftar atau belum untuk semester baru.

Peraih Internal Innovator Awards PNP 2022 ini juga merakit Sistem Informasi Akademik (Siakad), Sistem Informasi Manajemen Keuangan (Sikeu) dan Sipre. Sistem keuangan meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan keuangan dan meminimalkan terjadinya penyalahgunaan anggaran.

Hingga saat ini suami dari Ny. Maulana dan ayah dari 3 orang putra ini telah menghasilkan sekitar 700 orang lulusan dan mengampu 4 mata kuliah: Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, Perakitan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, Algoritma dan Bahasa Pemrograman, dan Basis Data.

Di antara penelitian alumnus Program Master Bidang Ilmu Komputer/Ilmu dan Teknik Informasi Lanjutan ini adalah “Analisis dan Pengukuran Tanggapan Frekuensi terhadap Redaman Serat Optik” (2020). Bersama T. Nishimura, ia menghasilkan prosiding “Implementation of asynchronous predictive fetch to improve the performance of Ajax-enabled web applications”(2008), bersama Yan Partawijaya Perencanaan dan Pengendalian Proyek Konstruksi (2009), dan bersama Febriana dan Firdaus ia menghasilkan“Rancang Bangun GPS Tracker Pada Kendaraan Bermotor Menggunakan SIM7000 NB-IoT Berbasis Arduino”(2021).

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

 

d®amlis